Pengaduan Nasabah

Tata Cara Pengaduan Nasabah

Nasabah dapat menyampaikan pengaduan kepada PT. Cerdas Indonesia Berjangka melalui dua (2) cara yaitu :

Tata Cara Pengaduan Permasalahan Transaksi Secara Lisan

1. Siapa yang dapat mengajukan pengaduan
Adalah Nasabah PT. Cerdas Indonesia Berjangka yang telah memiliki rekening dan telah melakukan transaksi kontrak perdagangan berjangka melalui PT. Cerdas Indonesia Berjangka.

2. Cara Mengajukan Pengaduan
Nasabah juga dapat mengajukan pengaduan melalui Telpon 24 Jam di nomor 021-29337639 untuk masalah transaksi dan 021-29337635 untuk masalah Administrasi dan Perjanjian Pembukaan Rekening.
Apabila nasabah mengajukan pengaduan secara lisan, pengaduan nasabah akan ditangani dan diselesaikan dalam waktu 3 (tiga) hari kerja oleh PT. Cerdas Indonesia Berjangka. Dalam hal pengaduan yang diajukan nasabah memerlukan penanganan dan penyelesaian lebih dari 3 (tiga) hari kerja, maka petugas PT. Cerdas Indonesia Berjangka akan menyampaikan kepada nasabah untuk mengajukan pengaduan secara tertulis.

Tata Cara Pengaduan Permasalahan Transaksi Secara Tertulis

1. Siapa yang dapat mengajukan pengaduan
Adalah Nasabah PT. Cerdas Indonesia Berjangka yang telah memiliki rekening dan telah melakukan transaksi kontrak perdagangan berjangka melalui PT. Cerdas Indonesia Berjangka.

2. Cara Mengajukan Pengaduan
Nasabah juga dapat mengajukan pengaduan melalui Telpon 24 Jam di nomor 021-29337639 untuk masalah transaksi dan 021-29337635 untuk masalah Administrasi dan Perjanjian Pembukaan Rekening.
Nasabah dapat mengajukan pengaduan secara tertulis melalui jaringan kantor PT. Cerdas Indonesia Berjangka terdekat, atau kantor PT. Cerdas Indonesia Berjangka tempat nasabah membuka rekening. Untuk pengajuan pengaduan secara tertulis, surat Kuasa dari nasabah yang diwakili (dokumen tambahan untuk perwakilan nasabah), maka nasabah perlu melengkapi pengaduan yang diajukan dengan dokumen pendukung yang memadai, seperti:
a. Fotocopy (sesuai asli) identitas pembuka rekening dan/atau perwakilannyab. Fotocopy (sesuai asli) rekening.c. Fotocopy (sesuai asli) transaksi keuangan terkait permasalahan.d. Fotocopy (sesuai asli) dokumen pendukung lainnya yang terkait dengan permasalahan yang diadukan.

3. Pengaduan tertulis yang nasabah ajukan akan diselesaikan oleh PT. Cerdas Indonesia Berjangka dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kerja dan dapat diperpanjang sampai dengan 30 (tiga puluh) hari kerja berikutnya dalam hal terdapat kondisi tertentu. Apabila PT. Cerdas Indonesia Berjangka akan memperpanjang jangka waktu penyelesaian pengaduan, maka PT. Cerdas Indonesia Berjangka akan menginformasikan hal tersebut terlebih dahulu kepada nasabah.
Agar pengaduan nasabah dapat segera diselesaikan oleh PT. Cerdas Indonesia Berjangka, nasabah perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:a. Tentukan inti permasalahan yang akan diadukan.b. Siapkan dokumen pendukung yang terkait dengan permasalahan yang akan diadukan.c. Simpan dengan baik dokumen-dokumen asli yang nasabah miliki dan sampaikan kepada PT. Cerdas Indonesia Berjangka salinan/copy dokumen tersebut bersamaan dengan pengajuan pengaduan tertulis.d. Catat nomor registrasi yang diberikan PT. Cerdas Indonesia Berjangka kepada nasabah dan gunakan nomor registrasi tersebut untuk mengetahui status penyelesaian pengaduan nasabah.e. Simpan dengan baik dokumen surat-menyurat dengan PT. Cerdas Indonesia Berjangka, termasuk surat hasil penyelesaian pengaduan yang disampaikan PT. Cerdas Indonesia Berjangka kepada nasabah.Apabila nasabah tidak puas dengan hasil penyelesaian yang disampaikan PT. Cerdas Indonesia Berjangka, nasabah dapat melanjutkan upaya penyelesaian pengaduan melalui fasilitasi penyelesaian di Bursa Berjangka.